Monday 8 December 2008

PELATIHAN INDUSTRI BIODISEL DARI MINYAK JELANTAH


BIODIESEL DARI MINYAK JELANTAH

BBM Langka? BBM Mahal?
Untuk mengantisipasi makin meningkatnya harga serta permintaan akan minyak solar / ADO (Automotive Diesel Oil), penting untuk mengkaji pengembangan biodiesel berbahan baku minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif pengganti solar.

Biodisel adalah alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti BBM solar. Biodisel dapat dibuat dari berbagai macam minyak tumbuhan. Apabila minyak tumbuhan tidak ada atau mahal, juga dapat digunakan limbah minyak goreng atau yang sering disebut minyak jelantah sebagai bahan bakunya.

Biodiesel dibuat dari minyak jelantah dengan proses konversi trigliserida dalam minyak jelantah tersebut menjadi metil atau etil ester dengan proses yang disebut transesterifikasi. Proses transesterifikasi mereaksikan alkohol dengan minyak untuk memutuskan tiga rantai gugus ester dari setiap cabang trigliserida. Reaksi ini memerlukan panas dan katalis basa untuk mencapai derajat konversi tinggi dari minyak jelantah menjadi produk yang terdiri dari biodiesel dan gliserin.

Proses pembuatan biodiesel dari minyak jelantah akan melewati tahap sebagai berikut:
Proses pemurnian/penyaringan minyak jelantah dari pengotor dan water contentPenyaringan dilakukan untuk menghilangkan partikel-partikel berukuran besar atau pengotor yang ada pada minyak. Minyak dipanaskan terlebih dahulu pada suhu sekitar 30-35oC lalu disaring dengan menggunakan saringan kopi atau teh, atau bisa juga menggunakan kain.
Esterifikasi dari asam lemak bebas (free fatty acids) yang terdapat di dalam minyak jelantah.
Trans-esterifikasi molekul trigliserida ke dalam bentuk metil ester. Biodiesel dibuat dari minyak jelantah dengan proses konversi trigliserida dalam minyak jelantah tersebut menjadi metil atau etil ester dengan proses yang disebut transesterifikasi. Proses transesterifikasi mereaksikan alkohol dengan minyak untuk memutuskan tiga rantai gugus ester dari setiap cabang trigliserida. Reaksi ini memerlukan panas dan katalis basa untuk mencapai derajat konversi tinggi dari minyak jelantah menjadi produk yang terdiri dari biodiesel dan gliserin.
Pengendapan gliserin dilakukan dengan cara membiarkan larutan agar terjadi pemisahan antara gliserin dan produk biodiesel.
Pemisahan gliserin dengan biodiesel dilakukan dengan bantuan corong pemisah.
Pencucian.
Pencucian ini bertujuan untuk membersihkan produk biodiesel dari kandungan
gliserin, sabun, dan pengotor-pengotor lainnya
PengeringanPengeringan ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan air dalm biodiesel.


Sulitkah membuatnya?
Jawabnya tentu saja tidak. Anda bisa membuat sendiri apabila sudah mempunyai pengetahuan. Cukup menggunakan alat sederhana. Bagaimana cara membuatnya?
Anda Bisa mengikuti Pelatihan Cara Produksi Biodisel di CV. Tristar Chemical.


KURSUS BIODISEL DARI BAHAN BAKU MINYAK JELANTAH & COCONUT OIL. Biaya Rp. 600.000,-